Sindrom De Quervain, Ancaman Penyakit Masa Kini untuk Pemakai Gadget

Waspadalah jika Anda termasuk pemakai gadget aktif, yang bahkan tidak bisa lepas dari gadget setiap harinya. Mengapa? Sebab, sebuah penyakit serius akan mengancam. Sindrom De Quervain. Penyakit ini akan muncul pada saat Anda menggunakan gadget lebih dari tiga jam berturut-turut, terlebih dengan konsentrasi tinggi, di mana tidak hanya tangan namun juga pikiran bekerja keras, seperti bermain game. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Sindrom De Quervain? Bagaimana pula cara pencegahannya? Berikut ini uraian lebih lengkapnya.

# Sindrom De Quervain

Sindrom De Quervain merupakan istilah kedokteran yang menunjuk adanya gangguan pada jempol tangan, di mana tidak bisa digerakkan atau terasa nyeri saat ditekuk ke arah dalam. Biasanya, hal ini dikarenakan jempol terlalu aktif dalam mengaktifkan gadget dan dalam waktu lama. Rasa nyeri yang muncul ini diakibatkan adanya inflamasi atau peradangan pada daerah pergelangan tangan. Untuk gejala awal, mungkin Anda hanya merasakan kebas atau kesemutan. Namun, jika hal ini tidak segera diatasi, maka bisa jadi ibu jari tersebut menjadi tidak bisa digerakkan sama sekali.

# Pencegahan Sindrom De Quervain

Mungkin, Anda menganggap remeh gangguan ini. Padahal, dengan jempol tangan tidak bisa digerakkan, akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Sebab, banyak aktivitas sehari-hari yang menggunakan jempol tangan sebagai sumber kekuatan, seperti membuka tutup botol dan sebagaimana. Lalu, bagaimana untuk mengatasi? Cara satu-satunya adalah dengan mengurangi aktivitas terkait dengan gadget. Jika memang tidak sangat perlu, lebih baik melakukan aktivitas yang lain dan letakkan gadget. Untuk Anda penggemar game, batasi bermain game dalam sehari. Bukan hanya kesehatan Anda yang terganggu, namun juga membuat gadget Anda mudah rusak karena tidak pernah “istirahat”.

Bermain gadget, terlebih game, pastinya sangat mengasyikkan. Namun, pastinya Anda tidak ingin mengorbankan kesehatan hanya untuk keasyikan sementara, bukan? Oleh karena itu, mulai sekarang, batasi penggunaan gadget. Beri jadwal, kapan harus memegang gadget, kapan harus meletakkannya. Semoga teknologi yang ada saat ini, dan tidak mungkin kita hindari, tidak malah membuat kita mengabaikan kesehatan.